Jangan Asal Beli Ini Cara Mudah Memilih Kayak Paddle Yang Tepat

kayak pedal

Melakukan olahraga kayak paddle merupakan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk menenangkan pikiran. Tetapi jangan salah, kamu wajiib memperhatikan kayak paddle yang baik supaya proses mendayungmu menjadi jauh lebih menyenangkan nantinya.

Kayak biasanya sering dilengkapi dengan dayung yang berkepala satu atau dua. Kamu bisa menggunakan kayak paddle sesuai dengan kebutuhanmu sendiri pastinya. Selain itu, kayak paddle dayung tersebut mempunyai dampak tersendiri maka kamu wajib memperhatikan beberapa hal berikut sebelum membelinya.

  1. Perhatikan panjangnya

Langkah pertama yang wajib kamu lakukan terlebih dahulu yaitu dengan cara memperhatikan panjang dayung itu sendiri. Sebagai contohnya kamu bisa mengukur bahwa semakin lebar kayak tersebut maka tentunya panjang dayungnya sendiri juga akan mengikutinya. Di sisi lain, tinggi badanmu sendiri nantinya akan mempengaruhi kayak tersebut apalagi ketika ukurannya sempit.

Jika tinggi badanmu sendiri mencapai 170 sampai dengan 180 cm maka dari itu gunakan kayak yang berukuran normal. Umumnya  lebar  perahun   sebesar 20 inci atau setara dengan 51 cm menggunakan dayung  dengan panjang 210 cm. Dengan begitu dapat dikatakan juga bahwa semakin tinggi dan lebar perahumu maka dayungnya juga akan panjang.

  • Perhatikan material dayungnya

Setelah megnetahui panjang dayungnya, maka dari itu kamu wajib memperhatikan bahan materialnya juga. Dimana kamu wajib ingat bahwa semakin ringan bahan material yang digunakan untk membuat kayak tersebut maka pastinya akan semakin hemat energi yang dikeluarkan nantinya. Sehingga kamu tidak mudah capek karena proses mendayungnya sndiri cukup mudah dilakukan.

  • Perhatikan desain dayungnya

Selain kedua tips yang ada di atas tadi pastikan juga bahwa kamu memperhatikan desain dayungnya sendiri. Tentunya setiap dayung mempunyai desain yang berbeda sebagai contohnya ada yang mempunyai bentuk asimetris. Dimana dayung tersebut nantinya akan jauh lebih pendek pada sisi yang lainnya dan juga cukup sempit. Sehingga nantinya bisa mempengaruhi luas permukaan dayung dan juga dorongan airnya sendiri. Maka dari itu, sesuaikan desain dayung tersebut dengan kebtuhan saja  supaya kegiatan kayak menjadi jauh lebih mengasyikkan dan menyenangkan tentunya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *