Jangan Keliru Begini Cara Menggenggam Kayak Paddle yang Benar

kayak paddle

Jika dilihat, sepertinya cara menggenggam kayak paddle terlihat sama dengan yang lainnya. Padahal, sebenarnya cara menggenggam kayak paddle tersebut cukup berbeda jika dibandingkan dengan yang lainnya. Bagi kamu yang belum tahu, timak ulasan berikut ini supaya jauh lebih paham mengenai salah satu jenis kayak tersebut pastinya.

  1. Pahami anatominya

Langkah pertama yang harus  kamu lakukan terlebih dahulu yaitu dengan memahami terlebih dahulu anatomi dari kayak paddle tersebut. Langkah yang satu ini merupakan tips dasar untuk semua jenis kayak. Setelah itu pahami desain kayak paddle itu tadi supaya mengetahui kinerja dan juga keselamatan ergonomismu nantinya.  Sebagai tambahan informasi, kayak ini mempunyai dua buah bilah yang berada di bagian poros dayung.

  • Hadapkan ke arah yang pas

Setelah memahami anatomi kayak dengan baik, maka kamu langkah selanjutnya yang wajib kamu lakukan yaitu dengan menghadapkannya ke arah yang pas. Salah satu kesalaahan umum yang kerap dilakukan oleh para pemula yaitu menahan dayungnya ke arah belakang. Untuk itu, kamu wajib menghadapkan kayak tersebut ke arah yang tepat. Sebagai saran tambahan, lebih baik bayangkan bahwa wajah dayung tersebut merupakan bagian yang ingin ditarik dengan visualisasi telapak tanganmu sendiri.

  • Pegang kayak

Terakhir yaitu, sebagai percobaan kamu bisa langsung   memegang kayak tersebut. Setelah itu, berdiri dengan posisi tegap dan angkat kayak itu tadi dan lakukan penyesuaian terlebih dahulu. Dimana kayak tersebut kamu genggam menggunakan kedua tanganmu lalu pusatkan pada benda tersebut. Selain itu, kamu harus memastikan juga bahwa jarak diantara tangan nantinya jauh lebih lebar dari bahu.

Letakkan kayak itu tadi di atas kepala sambil berdiri tegap dan memegangnya dengan nyaman dengan kedua tangammu. Pastikan siku membentuk sudut sebesar 45 derajat alias jauh lebih  kecil supaya nantinya proses mendayung menjadi lebih nyaman. Jangan sampai melebihi sudut tersebut karena pastinya akan membuat proses mendayung  menjadi cepat lelah nantinya. Hindari genggaman kayak yang terlalu kuat sebab bisa menyebabkan buku-buku jari menjadi kram, lebih baik santai saja dan jangan terlalu kaku.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *