Berbagai Macam Teknik Kayak Dayung Yang Wajib Dipahami Oleh Pemula

kayak dayung

Sebagai seorang pemula kamu wajib memahami berbagai macam teknik kayak dayung. Hal ini tidak lain untuk menjamin keselamatanmu sendiri ketika bermain kayak pastinya. Bahkan, olahraga ini cukup rumit untuk dilakukan karena kamu harus memahami banyak teknik  yang ada di dalamnya, berikut ulasannya.

  1. Teknik kayak dayung maju

Pertama, kamu wajib mengetahui teknik  yang satu ini sebagai seorang pemula ketika memutuskan untk belajar kayak dayung. Meskipun terlihat sepele tetapi jangan salah, teknik kayak dayung maju ini cukup sulit untuk dilakukan. Dimana kamu wajib melakukan gerakan kayuahan ke arah depan dan juga lurus.

Kamu tidak boleh keluar atau melenceng dari alur pinggir perahu supaya nantinya posisi tubuhmu bisa seimbang dengan kayak  tersebut. Pastikan juga bahwa pandangan matamu sendiri ke arah depan sambil fokus.  Selain itu kamu harus siap siaga ketika komando memberikan aba-aba supaya perahumu tidak oleng pastinya.

  • Teknik pry stroke

Dayung akan dimasukkan ke dalam air dan juga dikendalikan melalui teknik pry stroke ini. Setela itu, nantinya teknik   ini digunaakan untuk menarik atau mendayung air untuk mengarahkan perahu ke tujuan sesuai perintah komando.

  • Teknik kayak c stroke

Fungsinya sendiri untuk melakukan pembelokan perahu atau dengan kata lain untuk mengubah arah posisi perahu. Dimana nantinya akan menuju ke arah yang mirip huruf c secara cepat. Hal ini tidak lain untuk membentuk dayungan yang lebih efektif nantinya.

  • Teknik kayak pancung

Ada juga teknik kayak pancung yang memungkinkan untuk melakakuan penggeseran perahu. Dimana yang tadinya dari arah depan menuju samping sampai nantinya ke tujuan atau garis finisih.

  • Teknik kayak mundur

Terakhir, ada juga teknik kayak mundur yang memungkinkan dirimu untuk mengubah arah ke depan. Dimana perahu yang tadinya ada di arah belakang diubah posisinya menjadi ke arah depan. Tetapi dalam hal ini pastikan juga bahwa dayungmu tadi sejalan lurus dengan pinggir perahumu sendiri tentunya. Selain itu, perintah komando juga sangat diperhatikan ketika melakukan gerakan yang stau ini supaya kecepatannya bisa lebih efektif.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *