Menggunakan Fishing Canoe untuk Rekreasi Begini Cara Mengendalikannya

kayak fishing

Mengendalikan atau mengayuh kano tidak semudah saat melihat orang di air menaikinya. Kano digunakan sebagai alat untuk olahraga di air dan juga sebagai alat transportasi memancing. Jenis kano dapat disesuaikan dengan kegunaannya. Salah satunya yaitu fishing canoe yang digunakan untuk menyalurkan hobi atau rekreasi memancing. Mengendalikan kano membutuhkan semua kekutan tubuh agar dapat dikendalikan.

Bagi pemula pengendara fishing canoe cukup sulit karena harus menjaga keseimbangan dimana Anda juga harus mengayuh dan mengendalikan jalan kano tersebut. Anda harus dalam keadaan yang prima dan lakukan olah tubuh sebelumnya, hal ini agar tidak ada otot yang keram saat di air. Kekutan bertumpu pada bagian tubuh untuk menjaga keseimbangan, sedangkan bagian tangan untuk mengendalikan arah kano.

Cara mengayuh fishing canoe dan jenis kano lainnya dengan dayung, pertama pastikan bahwa Anda memegang dengan kedua tangan diatas dan juga bagian bawah dayung. Untuk mengarahkan kano ke kanan maka Anda harus mengayuh disebelah kiri, begitupun sebaliknya karena bagian sisi kano yang di dorong maka kano akan mengarah kesisi lainnya. Apabila Anda ingin lurus maka kayuah kanan dan kiri bergantian. Semakin laju dan kuat Anda mengayuh maka semakin cepat pula jalannya.

Beberapa teknik yang harus Anda perhatikan saat mengendalikan perahu dimana ada saat Anda tidak hanya mengayuh fishing canoe arah kiri dan kanan. Saat memancing pastinya keadaan air tidak selalu mulus pasti ada saja rintangan. Teknik yang bisa diikuti adalah kayuh ‘J’ yang digunakan untuk berbelok secara cepat, dengan mendayung berlawanan arah dengan tubuh dan menghadap ke depan kekuatan pada otot tangan membantu untuk membelokkan fishing canoe.

Teknik mengayuh back sweep digunakan untuk memperlambat kecepatan fishing canoe, melakukan kayuhan teknik ‘J’ namun harus tegak lurus dengan tubuh, ini membantu dalam membelokkan posisi kano. Mengendalikan kano dapat dengan mudah apabila posisi duduk di bagian belakang, namun bila ada muatan yang cukup berat Anda dapat duduk di bagian tengah, hal ini akan membuat Anda mudah menyeimbangkan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *