Mau Main Kayak Paddle di Sungai Progo Magelang? Jangan Asal, Begini Cara Yang Tepat!

kayak

Sebenarnya olahraga kayaking hanya dapat dilakukan oleh satu orang saja karena perahu yang digunakan sendiri memang berukuran kecil. Di mana nantinya kayak paddletersebut digerakkan dengan menggunakan tenaga manusia saja. Biasanya olahraga kayaking ini bisa dilakukan di danau maupun sungai yang mempunyai arus air yang sedang alias tidak terlalu deras. Salah satunya yaitu di sungai Progo kawasan Magelang, yang menjadi tempat olahraga kayaking, berikut ulasannya.

Perlu kamu ketahui bahwa sungai Progo yang ada di Magelang ini merupakan area arung jeram yang begitu sulit di wilayah jawa tengah. Hal ini tidak lain karena arusnya sendiri begitu deras namun hal tersebut tak menyurutkan banyak orang untuk bermain olahraga kayak paddletentunya. Mau tak mau nantinya kamu wajib menelusuri aliran sungai Progo bawah yang panjangnya mencapai 26 kilometer. Tetapi pada dasarnya kau bisa menentukan finis sesuai keinginanmu sendiri jadi tidak harus sampai selesai.

Apalagi batuan dari sungai Progo bawah tersebut begitu besar dan sulit untuk dihadapi sendirian menggunakan kayak paddle. Ditambah gelombang besar yang harus siap kamu hadapi saat melintasi aliran sungai Progo bawah. Untuk itu kamu harus mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara keluar masuknya supaya tidak terjatuh saat melintasi area tersebut. Selain itu pastinya setiap medan mempunyai teknik yang berbeda maka kamu harus paham betul apa yang wajib diperhatikan.

Terakhir jangan lupa memegang dayung kayak paddle tersebut dengan kuat pada saat melawan arus sungai itu tadi. Jangan sampai kamu menyepelekan teknik mendayungnya meskipun sudah berpengalaman dalam olahraga kayaking karena hal yang satu ini sangat penting untuk selalu diterapkan di mana saja. Selain itu kamu juga wajib memastikan bahwa perahumu sendiri melaju dengan keseimbangan yang tepat atau stabil. Dengan begitu nantinya perahmu tidak gampang tenggelam ketika menghadapi gelombang arus  yang besar dan kuat. Belum lagi ditambah dengan bebatuan yang terjal, tajam, dan juga besar sehingga kamu wajib berhati-hati. Sebab keselamatan saat bermain olahraga kayaking harus diutamakan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *