Apa Perbedaan Kayak Dan Kuno Itu?

kayak terbaik

Banyak orang menganggap jika olahraga kayak dan kuno itu sama. Hal itu termasuk wajar pasalnya kedua olahraga tersebut sama-sama dilakukan di air dan menggunakan peralatan berupa perahu ringan. Namun faktanya kayak dan kuno itu merupakan olahraga yang berbeda. Lantas apa saja perbedaan dari kedua olahraga itu?. 

Tiga Perbedaan Olahraga Kayak Dan Kuno

Sebelum mengetahui perbedaan dari kedua olahraga ini, perlu diketahui jika kayak muncul pertama kali dari suku Inuit di Alaska, Kanada dan Greenland. Umumnya pada waktu itu perahu kayak dimanfaatkan untuk berburu. Kemudian seiring berkembangnya zaman kayak mulai dijadikan olahraga tepatnya pada penjajah Sakandinavia. Langsung saja berikut beberapa perbedaan antara kayak dan kuno yang perlu Anda ketahui.

  1. Perahu Yang Digunakan

Perbedaan pertama antara kayak dan kuno terletak dari perahu yang digunakan. Di mana untuk jenis perahu kuno cenderung terbuka sehingga menyebabkan pendayung perlu berlutut di dalamnya agar bisa mendorongnya ke arah depan dengan menggunakan satu dayung saja. Sedangkan pada jenis perahu kayak mempunyai dek yang tertutup dengan lubang di bagian tengahnya berfungsi sebagai tempat duduk. Ketika menggunakan perahu kayak ini para pendayung bisa duduk dengan posisi kaki terlentang di depan.

  1. Tempat Pelaksanaannya

Perbedaan selanjutnya antara kano dan kayak terletak dari tempat pelaksanaannya. Kayak sendiri umumnya dinikmati pada perairan yang lebih ekstrem misalnya sungai dengan arus deras atau laut dengan ombak besar. Maka dari  itu tidak heran jika olahraga ini hanya dilakukan oleh orang-orang yang memiliki adrenalin besar. Sedangkan pada olahraga kano biasanya dinikmati pada perairan yang sifatnya lebih tenang. Perlu diketahui bahwa selain digunakan untuk berolahraga kano juga bisa dijadikan alat untuk menghilangkan stress. Hal itu dikarenakan nantinya perahu kano akan berjalan secara lambat di sungai sehingga para pendayung bisa menikmati suasana alam di sekitarnya.

Demikianlah rangkuman singkat tentang perbedaan olahraga kayak dan kano yang perlu diketahui. Dalam hal ini pilihlah saja kedua olahraga itu yang sesuai dengan selera pada diri Anda masing-masing.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *