Pemilihan Bentuk dan Gaya pada Kayak Pedal

kayak pedal

Setiap ingin melakukan permainan khususnya kayak pedal harus diimbangi dengan dayung yang digunakan. Pasalnya dayung tersebut sebagai penggerak untuk mendorong kayak berjalan. Dayung tersebut memiliki bentuk maupun fungsi yang berbeda jika dimainkan pada kayak.

Bentuk Pisau yang dapat dipilih

Dayung menjadi kebutuhan langsung saat memainkan sebuah kayak. Pasalnya pemilihan dayung berkaitan langsung dengan pisau untuk mendorong kayak pedal semakin laju. Berikut merupakan bentuk pisau yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan yaitu.

1.      Bentuk Pisau Simetris

Bentuk pisau simetris dimana kedua sisi memiliki ukuran panjang sama. Hal ini berkaitan langsung dengan postur tubuh serta jangkauan tangan saat mendayung. Bilah simetris ini memberikan lebih banyak dorongan sehingga untuk lebih paham dalam arah arus yang lurus.

2.      Bentuk Pisau Asimetris

Bentuk pisau asimetris dimana salah satu tanda bilah lebih panjang dari yang lainnya. Hal ini akan membuat pendayung pada sisi pendek menghadap langsung ke bawah. Tentu berkaitan langsung dalam melacak lurus saat menarik dengan stroke.

Gaya Poros dalam Mendayung Kayak

Dalam mendayung sebuah kayak pedal harus memiliki gaya poros tersendiri. Kehadiran poros tersebut untuk menentukan arah maupun postur tubuh yang cukup ideal untuk dimainkan. Berikut merupakan gaya poros yang dapat dimainkan sesuai kebutuhan yaitu.

1.      Lurus

Poros lurus dimana berjalan lurus sesuai dengan batang pada tegak lurus dari bilah 1 ke lainnya. Tentunya poros lurus ini lebih ringan dari pada lainnya saat mendayung sebuah kayak pedal. Jenis poros lurus ini karena ringan sehingga lebih kuat dari lainnya.

2.      Bengkok

Poros bengkok mempunyai sebuah tikungan pada setiap sisi sehingga mampu menyerang air dengan baik. Tentu dibandingkan langsung dengan poros lurus, poros bengkok lebih berat. Hal ini berkaitan dengan kekutan dan kinerja yang diberikan.

Berikut penjelasan terkait pemilihan bentuk dan gaya pada kayak pedal. Tentunya pemilihan kedua jenis tersebut berkaitan langsung dengan kebutuhan yang ingin digunakan. Pasalnya akan mempengaruhi kecepatan maupun kekuatan yang akan diberikan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *