Ukuran Dayung pada Kayak Pedal sesuai Kebutuhan

kayak pedal

Kayak merupakan salah satu kegemaran baru bagi sebagian orang. Tidak jarang sebagian orang rela untuk mengeluarkan dompet nya lebih dalam untuk membeli sebuah dayung. Tentu dayung untuk bermain kayak pedal berguna agar enak maupun sesuai dengan tubuh sehingga tidak mengalami masalah pada tubuh.

Memilih Ukuran Dayung pada Kayak

Ukuran pada dayung dalam bermain kayak pedal tentu mempengaruhi postur tubuh. Pasalnya jika jangkauan tangan terlalu panjang akan menyulitkan bagi tubuh dan kayak lebih berat untuk digerakkan. Berikut merupakan ukuran dayung dengan didasarkan pada 3 hal penting selama ingin bermain kayak yaitu.

  • Tinggi pengguna.
  • Gaya dasar mendayung pengguna.
  • Lebar perahu yang sedang dinaiki.

Mendapatkan Dayung Sesuai Kayak

Selama menaiki kayak terdapat berbagai jenis ukuran pada dayung. Jika seseorang ingin melakukan berbagai aktivitas santai seperti rekreasi, tur maupun memancing maka dayung harus lebih panjang dari tubuh. Hal ini karena pukulan saat mendorong dayung dilakkan dengan pegangan rendah sehingga poros semakin sejajar pada air.

Seseorang jika ingin melakukan aktivtias seperti melakukan balapan menggunakan kayak pedal tidak direkomendasikan memakai dayung panjang. Hal ini akan menyulitkan saat mendayung dan tidak agresif. Pasalnya karena berhubungan langsung dengan kekuatan, kecepatan maupun manuver akut.

Dayung yang lebih pendek tentu berbeda kekuatan dengan yang panjang. Hal ini karena dayung pendek lebih cepat membuang tenaga untuk dibenturkan langsung pada sisi perahukayak pedal. Jika terlalu lama mengayuh akan lebih menyulitkan untuk membuat sebuah pukulan.

Baiknya untuk memakai dayung dengan setinggi dada ditambah cengkaraman yang kuat. Hal ini ditambah lagi dengan mencelupkan bilah pada air yang mendekati langsung pada buritan kayak. Tentu berguna agar bilah tersebut tidak terendam saat melakukan pukulan.

Berikutpenjelasan terkait ukuran dayung pada kayak pedal yang mampu diterapkan. Hal ini berhubungan langsung dengan ukuran tubuh serta jangkauan tangan, jika terlalu panjang dayung maka tubuh sulit untuk dicapai dan menyebabkan masalah. Tentu sebelum mencoba kayak harus latihan terlebih dahulu.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *