Perbedaan Paddle Kayak dengan Kano


Jenis perahu kayak dan juga kano mungkin masih terasa membingungkan bagi sebagian banyak orang. Hal tersebut tidak mengherankan karena keduanya adalah perahu yang memiliki bentuk atau ukuran minimalis dibandingkan jenis perahu yang lainnya. Kayak sendiri terdiri dari beberapa jenis lagi namun yang paling umum adalah paddle kayak. Ini merupakan jenis di mana penumpang harus Mendayung menggunakan paddle saat menggunakan kayak.

Nah, jenis kayak yang satu inilah yang sering terasa membingungkan apabila dibandingkan dengan kano. Sebenarnya apa perbedaan signifikan yang diusung dari dua jenis perahu ini?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, paddle kayak merupakan sebuah perahu kayak yang digerakkan atau juga dikendarai menggunakan paddle. Nah alat dayung ini sendiri bisa dijadikan patokan untuk membedakan antara kayak dengan kano. Hal ini dikarenakan kayak memiliki dua bilah pada paddle yang terpasang di kanan kirinya. Sedangkan kamu hanya memiliki satu bilah saja atau juga biasa disebut dengan bilah tunggal.

Paddle kayak juga dikendarai dengan cara duduk di buritan belakang dengan kaki diselonjorkan ke depan, sehingga tentunya ini menjadi sebuah keunggulan karena pengendara tidak akan mengalami kram kaki dibandingkan mengendarai kano. Karena cara pengendaraan kano pada umumnya adalah dengan melipat kaki ke dalam. Atau lebih mudahnya menduduki kaki sendiri, dengan posisi duduk berada lebih di depan.

Dengan kelemahan dan kelebihan yang sudah diusung tersebut, pengguna bisa memilih untuk mengendarai paddle kayak atau juga kano. Keduanya tentu saja berbeda, dan dengan perbedaan yang di ujung tersebut Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan atau juga selera.

Pada umumnya kano lebih cocok digunakan untuk aktivitas air yang lebih santai atau juga tidak ekstrem seperti berkeliling di wilayah air yang tenang, dan wisata air sederhana yang lainnya.

Sedangkan untuk paddle kayak, penggunaannya biasanya untuk aktivitas air yang lebih ekstrim seperti kondisi sungai yang arusnya besar, atau juga beberapa olahraga air lain.

Dengan itu, Anda dapat memilih kendaraan air yang sesuai dengan kebutuhan. Karena memang masing-masing memiliki kelebihan serta kekurangan sendiri.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *