Bagaimana Cara Menggunakan Kayak Dayung yang Benar? Ini Tipsnya!

kayak dayung

Sebenarnya hanya dengan menguasai kayak dayung kamu bisa mengontrol keseimbangan perahu saat berada di atas air. Meskipun terlihat sepele ternyata ada tips khusus ynag perlu kamu perhatikan saat menggunakan kayak dayung supaya perahumu tidak cepat terbaik dan jatuh nantinya. Bagi kamu yang belum tahu, lebih baik simak ulasan artikel yang ada di bawah ini supaya lebih jelas lagi mengenai kayak tersebut tentunya.

  1. Pahami standar kayak dayung

Langkah pertama yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu yaitu dengan cara memahami permukaan kayak dayung. Sebab masing-masing kayak tersebut mmepunyai standar tersendiri yang mampu menyeimbangkan dirimu ketika berada di atas perahu nantinya. Selain itu, dorongan dari kayak tersebut pastinya juga akan berbeda antara satu dengan yang lainnya.

  • Perhatikan jarak genggaman

Setelah memahami standar kayaknya sendiri, kamu wajib memperhatikan juga jarak genggamannya. Dimana jaraknya sendiri harus sesuai antara dua sikumu tentunya. Sebagai saran tambahan kamu bisa menyesuaikan jaraknya secara tepat ketika akan mulai mendayung. Setelah berhasil menyesuaikan jaraknya maka kamu bisa mengkondisikan posisi dayungnya sendiri. Jika kamu ingin mempercepat langkah kayak maka pastinya harus menambah banyak kekuatan.

Lain halnya jika kamu ingin melangkahkan kayak dengan santai, maka hanya butuh sedikit tenaga saja yang dikeluarkan. Namun ingat, kamu juga wwajib mempertimbangkan jarak maupun waktu kegiatan kayak tersebut. Apakah akan berada para aliran deras atau tidak dan juga akan lama atau tidak.

  • Perhatikan posisi genggaman

Terakhir kamu wajib memperhatikan posisi genggaman gayung itu sendiri karena perbedaan sudut sedikit saja mampu mempengaruhi dorongannya. Letakkan tanganmu pada bagian gagangnya sendiri dan pastikan jangan ada perubahan posisi ketika sedang mendayung.

Hal ini tidak lain karena nantinya tanganmu tadi menjadi penentu sudut pergerakan dayung itu sendri. Maka dari itu jangan sampai tanganmu berubah posisi pada gagang dayung tersebut. Selain itu jangan terlalu erat dalam menggenggam dayung tersebut karena kamu akan cepat lelah nantinya. Bahkann dorongan yang akan dikeluarkan saat proses mendayung menjadi jauh lebih sedikit karena kamu terlalu erat dalam menggenggam.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *