Jenis Canoe Pedal Drive dari Dahulu hingga Sekarang

kayak keren

Menggerakkan kano membutuhkan paddle atau dikenal dengan dayung, sebagai kemudi. Dengan kemajuan zaman maka jenis dayung pula seakin canggih. dulunya kemudi yang digunakan memiliki desain yang cukup umum. Model dayung yaitu dengan bagian bawah yang rata dan terdapat pegangan panjang terbuat dari bahan kayu. Namun sekarang dayung terbuat dari aluminium, fiberglass atau serat karbon yang memiliki keunggulan lebih ringan jika dibandingkan dayung kayu. Selain itu semakin canggih para pengemudi kano dibuat menjadi lebih mudah dengan menggunakan canoe pedal drive.

Mengenal jenis dayung mulai dari dayung kayu, dari jenis dayung material yang digunakan terbuat dari kayu. Namun jenis dayung ini memiliki bobot yang berat sehingga semakin perkembangan zaman kayuh ini tidak digunakan lagi. Jenis dayung fiberglass sebagai pengganti atau alternatif karena bahan jenis ini memiliki bahan yang ringan. Namun material jenis ini lebih mudah pecah atau rusak apabila terbentur saat mengendalikan kano. Jenis dayung aluminium dan material plastik yang paling sering digunakan untuk mengarungi berbagai medan sungai. Karena jenis aluminium dan plastik ringan, kuat dan juga tahan.

Jenis yang paling digandrungi sekarang adalah canoe pedal drive yang menggunakan teknik berbeda dari kayuh biasanya. Menggunakan kekutan kaki sebagai penggerak kano sehingga kekutan lebih besar jika dibandingkan dengan kayuh ditangan. Canoe pedal drive memiliki sistem sama seperti yang digunakan pada sepeda atau perahu engkol. Penumpang dapat duduk dengan santai dang mengayuh dengan kaki yang mengenkol pedal. Canoe pedal drive sudah banyak digunakan karena kemudahan dalam mengimbangi kano dan mengendalikannya.

Canoe pedal drive biasanya terdapat pada model kano dengan solo pengendali. Karena model kano dengan tempat duduk single dan pedal sepasang. Keuntungan menggunakan kano jenis ini Anda dapat menikmati pemandangan dengan nyaman tanpa harus keropotan dengan mengndalikan kayuh di tangan. Selain itu Anda tidak perlu sering mengganti pengayuh karena pedal sudah satu paket dengan kano. Selain itu lebih praktis tanpa harus menyesuaikan besar kayuh dengan tubuh Anda sebagai pengendali.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *