Tips Merawat Perahu Kayak Pedal

kayak baru

Pada dasarnya, sebuah perahu kayak pedal memerlukan perawatan sama dengan jenis perahu lainnya. Akan tetapi budget pemeliharaannya lebih murah dibandingkan lainnya. Anda bisa mengikuti beberapa tips yang disarankan untuk melakukan perawatan terhadap perahu Kayak.

Perahu Kayak  Pedal

Bagi beberapa orang pastinya tidak asing lagi bukan dengan istilah kayak kayu pedal? Ini adalah sebuah perahu kecil yang dipakai memancing dan berbagai macam aktivitas lainnya khususnya penyelamatan wilayah perairan tertentu. Perahu satu ini biasanya digunakan dan mampu menjangkau perairan dalam maupun terpencil

Tips Perawatan Perahu Kayak Pedal

Agar bisa melakukan perawatan terhadap perahu kayak pedal agar awet dan tahan lama maka anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

  1. Penggunaan

Sama dengan jenis perahu lainnya, para pengguna kaya harus selalu melakukan perawatan belum digunakan. Caranya adalah dengan periksa bagian fisik untuk memastikan jika unit dari kayak kayu pedaldalam kondisi baik.

  • Perawatan Khusus

Ketika Anda memindahkan perahu kayak pedal maka jangan diseret maupun di dorong. Ini dapat menyebabkan bagian bawah mengalami kerusakan parah serta mempercepat proses pengikisan. Sebaiknya Anda mengangkat kayak tersebut saat ingin memindahkannya.

  • Pemeliharaan Saat Tidak Dipakai

Jika tidak sering digunakan maka anda harus tetap melakukan pemeliharaan pada kayak kayu. Pastikanlah setiap unitnya lalu dicuci bersih dan terbebas dari sampah maupun debu lainnya. Setelah membersihkannya, Anda bisa menaburkan bedak di beberapa bagian perahu supaya kondisinya tidak terlalu lembab agar tidak menumbuhkan jamur.

  • Pemeliharaan Saat Mengalami Kerusakan

Tidak bisa dipungkiri bahwa terkadang perahu kayak pedal sesekali mengalami kerusakan.  Jika terjadi hal tersebut maka harus segera melakukan tindakan supaya tidak berakibat fatal dan menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

Apabila masih bisa diperbaiki sendiri maka segeralah lakukan perbaikan. Tetapi jika anda merasa tidak mampu maka bisa membawanya ke tempat servis kayak.

Itulah tadi beberapa hal yang harus dilakukan saat memiliki sebuah kayak kayu pedal. Lakukanlah berbagai macam pemeliharaan dan perawatan tersebut supaya perahu bisa awet hingga puluhan tahun lamanya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *