Olahraga Kayak Paddle yang Jarang diketahui Manfaatnya

kayak paddle

Olahraga yang dilakukan di air dikategorikan dalam banyak jenis. Beberapa contoh oleahraga air yaitu diving, snorkeling, serta surfing dan sebagainya. Salah satu olahraga air dengan menggunakan perahu dan kekuatan manusia sebagi penggerak. Olahraga ini melatih bagian lengan untuk bergerak serta skill mengendalikan arah pearahu. Pada era sekarang olahraga ini menggunakan perahu kecil yang pada bagian depan dan juga bagian belakang memiliki desain tertutup. Desain seperti ini berguna agar mencegah air masuk agar perahu tidak karam.

Olahgara kayak paddle biasa dilakukan di laut terbuka agar lebih leluasa dalam berolahraga. Di Indonesia sendiri olahraga ini mulai dikenal saat ibu Susi Pudjiastuti sering membagikan postingan di akun sosial media miliknya sedang melakukan olahraga ini. Kayak paddle merupakan olahraga air yang mnngunakan tangan untuk mengayuh, olahraga ini dapat dilakukan di atas papan selancar dengan posisi tubuh berdiri, baring atau berlutut. Posisi ini berguna untuk mendorong perahu dengan bantuan kayuh.

Manfaat melakukan olahraga kayak paddle adala sebagai berikut.

  • Olahraga kayak paddle dapat melatih keseimbangan karena posisi di perahu yang membutuhkan kekutatan bagian kaki menahan tubuh agar seimbang. Dalam mengayuh harus fokus agar posisi tidak miring.
  • Olahraga kayak paddle membuat seluruh otot tubuh kerja, seperti otot kaki yang digunakan untuk menopang tubuh tetap seimbang. Otot lengan, ototo bahu, dan punggung yang mendoronga agar perahu dapat melaju di air.
  • Resiko olahraga kayak paddle mengurangi resiko cidera yang kecil karena kegiatan mendayung adalah yang paling minim terhadap cidera. Kemungkinan yan terjadi adalah cidera pada ligament dan tendon
  • Manfaat lain yaitu meningkatkan kekuatan tubuh, terbukti setelah melakukan olahraga maka tubuh tersa sakit yang berarti kekuatan akan terbentuk apabila sering dilatih.
  • Selain olahraga Anda dapat menyatu dengan alam, karena olahraga ini dilakukan di laut lepas. Anda dapat menikmati alam sembari melakukan olahraga dan mendapatkan dua manfaat sekaligus.

Beberapa manfaat di atas penting bagi tubuh karena aktif melakukan olahraga.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *