Dua Opsi Genset Cummins di Bawah 100 KVA

generator cummins

Cummins adalah salah satu brand genset yang sangat dikenal. Tidak saja sebatas di Indonesia, tapi reputasi dan kualitasnya sudah sangat populer di banyak negara. Brand ini berasal dari wilayah di Amerika Serikat. Namun mayoritas produk yang dijual dan tersedia di Indonesia dirakit dan diproduksi di negara China. Cummins memang telah membangun pusat produksi di Tiongkok dan skalanya sangat luas. Untuk kategori produk, genset cummins identik dengan kapasitas yang sangat besar. Sektor pasar yang menjadi target adalah  area industri, perkantoran, rumah sakit, hingga perhotelan.

Kapasitas yang disediakan oleh generator listrik buatan Cummins memang besar. Karenanya, penggunaan tidak akan cocok kalau untuk area rumah tangga. Untuk rentangan kapasitas, ada cukup banyak variasi untuk genset cummins. Walau memang mempunyai output yang besar, ada beberapa produk yang bisa menyediakan daya di bawah 80 kilowatt atau setara 100 kva. Salah satu produknya adalah HT 40 CD. Ini merupakan genset cummins yang bisa menyediakan output sekitar 40 kva atau daya aktif di 32 kilowatt. Untuk menghasilkan itu, tentu diperlukan mesin yang berkualitas. Genset buatan Cummins ini menggunakan sistem empat silinder. Untuk konsumsi bahan bakarnya, itu bisa mulai dari 7,3 hingga 9,3 liter per jam dan ini tergantung pada pengaturan performa atau load dari mesin genset. Agar tidak perlu repot terus menerus mengisi tangki solar, kapasitas maksimal yang tersedia adalah 100 liter.

Kalau 40 kva dirasa masih kurang, ada opsi lain dengan output yang lebih tinggi, yaitu model HT 60 CD. Sesuai angka yang tercantum di genset cummins tersebut, mesin akan bsia menyediakan listrik hingga 60 kva dan ini sebanding dengan daya sebesar 48 kilowatt. Walau output yang ada lebih tinggi di rekomendasi kedua ini, mesin masih tetap menggunakan empat silinder. Namun, tingkat penggunaan bahan bakarnya jelas lebih tinggi. Pengoperasian satu jam akan perlu sekitar 9,8 hingga 13 liter per jam. Agar bisa mengimbangi konsumsi solarnya, ada tangki dengan volume 120 liter. Untuk dua jenis genset cummins tersebut, masing-masing hadir dengan kategori silent dan juga open dan pilihan bisa dilakukan berdasarkan kebutuhan dan kondisi tempat instalasi gensetnya.  


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *