Apa Saja Teknik Dasar Dalam Permainan Kayak Itu?

kayak

Kayak sendiri merupakan jenis olahraga outdoor yang bisa dibilang sangatlah menyenangkan dan mampu menguji adrenalin bagi para pemainnya. Diketahui olahraga ini telah ada selama berabad-abad yang lalu dan berasal dari budaya Eskimo. Untuk melakukan olahraga ini bisa dibilang tidaklah mudah. Hal itu dikarenakan orang yang melakukan kayak harus bisa menyeimbangkan perahunya agar tidak terbalik.

3 Teknik Dasar Dalam Permainan Kayak

Sama halnya dengan olahraga pada umumnya, di dalam permainan kayak juga ada beberapa teknik dasar yang perlu dipahami oleh para pemula pada khususnya. Dengan mengetahui teknik ini nantinya kapal bisa berada di tengah laut atau sungai dalam kondisi selalu seimbang.  Adapun beberapa teknik mendayung yang dimaksud seperti berikut ini.

  1. Teknik Mendayung Maju

Teknik mendayung pada permainan kayak pertama yaitu maju. Teknik  ini adalah gerakan mendayung perahu ke arah bagian depan. Dalam hal ini seorang pemain dituntut sebisa mungkin untuk mengikuti alurnya dengan tepat pada bagian pinggir Perahu. Dengan begitu menghasilkan perahu tidak kehilangan kendali sehingga bisa mengarah ke bagian depan secara sempurna.

  1. Teknik Mendayung Mundur

Teknik selanjutnya yang perlu dikuasai oleh para pemula ketika ingin bermain kayak yaitu mendayung ke arah mundur. Ketika memakai teknik ini nantinya para pendayung harus bisa mengarahkan kapal yang ditumpanginya ke arah belakang dengan sempurna. Kegiatan ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan di mana arahnya harus lurus tepat di bagian samping Perahu.

  1. Teknik Menyapu

Pada permainan kayak ada teknik menyapu, biasanya teknik ini dilakukan oleh para pemain untuk menikung lawan atau memperlambat gerakan perahu. Pada saat menyapu ke arah belakang lewat air selama fase kembali dari pukulan dayung maka bisa menempatkan posisi ke arah yang lebih baik untuk melakukan navigasi rintangan. Teknik ini nantinya juga bisa memberikan lebih banyak pegangan dari arah belakang. Dengan begitu para pemain bisa mengeluarkan bilah dayung yang berasal dari  air jika diperlukan.

Itulah tadi beberapa teknik dasar yang perlu Anda kuasai ketika hendak bermain kayak. Agar bisa menguasai teknik itu dengan cepat pastikan melakukan latihan setiap hari atau bergurulah kepada pelatih yang telah profesional di bidang tersebut.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *