Bagaimana Cara Menyelamatkan Diri Jika  Perahu Kayak Terbalik?

kayak

Salah satu permasalahan yang sering dihadapi para pemula ketika bermain kayak yaitu tidak jarang perahunya terbalik. Hal itu tentunya membuat jantung berdebar-debar terlebih lagi untuk orang yang baru pertama kali melakukan olahraga tersebut. Lantas bagaimana langkah penyelamatan dirinya jika peristiwa itu terjadi?.

Langkah-Langkah Menyelamatkan Diri Ketika Perahu Terbalik

Umumnya penyebab utama mengapa perahu kayak itu bisa terbalik dikarenakan kontrol yang buruk. Oleh karena itu sebelum memulai melakukan olahraga kayak pastikan telah mempelajari dasar-dasar penggunaan perahunya terlebih dahulu. Selain itu bisa juga disebabkan karena tidak mempunyai PDF penyelamat apung dengan rok semprot terintegrasi. Namun jika peristiwa itu  terjadi pada Anda segeralah untuk menyelamatkan diri. Adapun beberapa langkah penyelamatan dirinya seperti berikut.

  1. Pastikan Tetap Tenang

Jika tiba-tiba perahu kayak yang Anda tumpangi terbalik, tetaplah berusaha untuk tenang. Kemudian gunakan paddle untuk memukul perahu agar orang-orang yang ada di sekitar bisa mendengar. Namun apabila bantuan belum kunjung datang cobalah ambil dayung dan baliklah prayu kayak tersebut seperti semula. Setelah itu pakailah pelampung demi keamanan ketika berada di dalam air tersebut.

  1. Masuk Kembali Ke Perahu

Apabila perahu kayak sudah dapat dikembalikan seperti semula maka langkah selanjutnya yaitu masuklah ke dalamnya. Adapun langkah-langkah masuk ke dalam perahu kayak yang benar seperti berikut ini.

  • Posisikan diri menghadap perahu pada sisi stern dayung.
  • Kemudian peganglah bagian poros secara kuat menggunakan satu tangan.
  • Setelah itu letakkan tangan lainnya tepat di atas Perahu.
  • Tendanglah menggunakan kedua kaki secara bersamaan.
  •  Lalu gunakan poros dayung untuk penumpangnya. Hal itu bertujuan untuk mendaratkan dada di geladak belakang kokopit.
  • Apabila cara di atas belum berhasil membuat Anda masuk ke dalam kapal lagi maka selipkan satu lutut di atas poros dayung setelah itu gunakan paha untuk menahan tubuh dari air ketika sedang mengayuh ke geladak.

Itulah beberapa langkah penyelamatan diri ketika tiba-tiba kapal kayak yang ditumpangi terbalik. Dalam hal ini agar lebih aman ketika kapal itu terbalik pastikan telah memeriksa keadaan pelampung terlebih dahulu apakah terdapat kebocoran atau tidak.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *