Perbedaan Kayak Mancing dan Kano

kayak mancing

Sebagian besar orang tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah kano dan kayak mancing bukan? Meskipun sama-sama merupakan perahu apabila dilihat sekilas terlihat sama, keduanya tetap berbeda. Hal ini bisa terlihat dari kegunaannya dan ukuran serta bahan yang digunakan pada kedua jenis perahu tersebut.

Ada banyak perbedaan yang harus bisa diperhatikan oleh para pemancing saat menggunakannya kedua perahu ini. Walaupun sekilas dilihat hampir mirip namun, ternyata ada perbedaan yang cukup harus bisa dilihat oleh para penggunaannya antara kano dan kayakmancing. Berikut penjelasannya.

1.      Perbedaan Perairan Saat Digunakan

Hal yang pertama tentang perairan saat menggunakan perahu kano arus harus tenang. Sedangkan kayak mancing sendiri bisa digunakan untuk aliran yang cukup ekstrim. Jadi, kapal fishing ini sangat cocok digunakan pada berbagai tempat.

2.      Posisi Duduk Pedayung Kayak Mancing  dan Kano

Mengenai posisi duduk untuk para pengguna yang menjalankan perahu tersebut. Kano memiliki posisi di mana para pedayung harus melipat kaki mereka. Sedangkan, kayak mengharuskan Anda untuk duduk di bagian buritan belakang.

3.      Design dari Kedua Perahu

Untuk design kedua jenis perahu juga mempunyai hal yang cukup berbeda. Untuk kano memiliki dek yang terbuka sedangkan kayak tertutup. Hal ini bertujuan agar air tidak mudah masuk ke perahu memancing pada saat adanya air dari pancingan.  Sementara itu, kayakmancing memiliki deck yang cukup sempit namun tetap bisa digunakan untuk berbagai kepentingan dalam kegiatan memancing.

4.      Penggunaan Dayung Di Perahu

Untuk penggunaan dayung sendiri kano hanya memiliki satu atau tunggal. Sedangkan untuk kayak mancing memiliki  dua buah jenis dayung.  Hal itu dikarenakan agar bisa membuat keadaan perahu tetap stabil. Dengan begitu para pedayung bisa mengendalikan kedua kapal ini agar tetap aman saat digunakan untuk mengendarainya.Jadi, dengan begitu dayung pun juga akan dapat menentukan kestabilan perahu saat berada di tengah perjalanan.

Itulah tadi beberapa perbedaan antara kayak mancing dan kano. Semoga penjelasan tersebut bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan mengenai perahu untuk memancing.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *